Senin, 27 Desember 2010

ILMU MELATIH LANJUTAN


PEMBINAAN PRESTASI OLAHRAGA
SEBAGAI SUATU SISTEM


OLAHRAGA DAN PRESTASI

1.PENGERTIAN OLAHRAGA DAN PRESTASI
A.    PENGERTIAN OLAHRAGA

Pengertian olahraga adalah suatu bentuk kegiatan jasmani yang terdapat di dalam permainan, perlombaan dan kegiatan intensif dalam rangka memperoleh relevansi kemenangan dan prestasi optimal.

            Olaharaga rekreasi adalah jenis kegiatan olahraga yang dilakukan pada waktu senggang atau waktu-waktu luang.

“Pengertian olahraga menurut Cholik Mutohir”
Adalah sistematik yang berupa suatu kegiatan atau usaha yang dapat mendorong mengembangkan dan membina potensi-potensi jasmaniah dan rohhaniah seseorang sebagai perorangan atau anggota masyarakat dalam bentuk permainan, perlombaan/pertandingan dan pestasi puncak dalam pembentukan manusia Indonesia seutuhnya yang berkualitas berdasarkan pancasila.

“Pengertian Olahraga (Menpora Maladi)”
Olahraga mencakup segala kegiatan manusia yang ditujukan untuk melaksanakan misi hidupnya dan cita-cita hidupnya, cita-cita nasional politik, sosial, ekonomi, kultural dan sebagainya.



B.PENGERTIAN PRESTASI
Prestasi adalah hasil yang telah dicapai seseorang dalam melakukan kegiatan. Gagne (1985:40) menyatakan bahwa prestasi belajar dibedakan menjadi lima aspek, yaitu : kemampuan intelektual, strategi kognitif, informasi verbal, sikap dan keterampilan. Menurut Bloom dalam Suharsimi Arikunto (1990:110) bahwa hasil belajar dibedakan menjadi tiga aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik.
Prestasi merupakan kecakapan atau hasil kongkrit yang dapat dicapai pada saat atau periode tertentu. Berdasarkan pendapat tersebut, prestasi dalam penelitian ini adalah hasil yang telah dicapai siswa dalam proses pembelajaran.
C.PRESTASI OLAHRAGA
           
            Prestasi olaahraga adalah hasil yang telah di capai dari apa yang di kerjakan.
Menurut UU RI NO.3 KEMENEGPORA tentang keolahragaan nasional. Bahwa prestasi adalah hasil upaya yang maksimal yang di capai oleh olahragawan atau kelompok olahragawan dalam kegiatan olahraga.
Menurut Prof.Dr.Syafrudin,M.Pd : prestasi olahraga merupakan gambaran kemampuan seseorang atau sekelompok orang (olahraga beregu) yang di peroleh setelah melakukan suatu proses latihan.

D.KOMPONEN PRESTASI DALAM OLAHRAGA
·         FISIK
·         TEKNIK
·         TAKTIK/STRATEGI
·         MENTAL






UNSUR – UNSUR PRESTASI OLAHRAGA
DAN SALING HUBUNGANNYA

1.KOMPONEN PENENTU PRESTASI DALAM OLAHRAGA  

  • KONDISI FISIK
  • TEKNIK
  • TAKTIK / STRATEGI
  • MENTAL

2.HUBUNGAN EMPAT UNSUR KOMPONEN PADA PRESTASI OLAHRAGA
           
KONDISI FISIK,adanya kondisi fisik maka komponen-komponen yang lainnya akan terealisai dengan baik maka KONDISI FISIK adalah faktor pertama penentu prestasi.dengan adanya KONDISI FISIK yang bagus maka akan terealisai TEKNIK yang matang, dengan adanya TEKNIK yang matang maka akan timbul TEKNIK / STRATEGI dan dengan adanya persiapan TEKNIK / STRATEGI maka MENTAL yang kuat akan timbul baik dari team, pemain , pelatih , dan official lainnya.












FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
PRESTASI OLAHRAGA

1.FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL
  1. FAKTOR INTERNAL
            Faktor yang brasal dari potensi yang ada pada atlit/pada orang yang berlatih , artinya prestasi olahraga di pengaruhi dan di tentukan oleh kemampuan atlit itu sendiri secara menyeluruh baik menyangkut oleh kemampuan FISIK, TAKTIK , TEKNIK atau pun MENTAL.

  1. FAKTOR EKSTERNAL
            Faktor yang dapat mempengruhi prestasi atlit yang berasal dari luar diri atlit. Contoh : sarana prasarana , pelatih.
faktor-faktor yang dapat mempengaruhi prestasi olahraga seorang atlet. Secara garis besar, ada 7 faktor yang harus ada untuk meningkatkan Prestasi/menciptakan Prestasi di Olahraga.yakni:
 














                                                                                                
PENUTUP

Demikianlah makalah sederhana yang kami buat ini yang berjudul “PEMBINAAN PRESTASI OLAHRAGA SEBAGAI SUATU SISTEM”. Materi dalam makalah sederhana ini hanya sebagai dasar pengetahuan untuk belajar lebih lanjut anda bisa mengembangkannya sendiri dari berbagai sumber-sumber lainnya.
Kemudian apabila ada kata-kata yang salah yang terdapat di dalam makalah sederhana ini kami mohon maaf,kami sadar di makalah sederhana kami ini jauh dari kesempurnaan dan di harapkan kepada dosen pembimbing dan teman-teman mau memberikan kritik dan saran yang membangun agar makalah sederhana ini dapat lebih baik dan  bermanfaat bagi kita semua.




Wassalamu’alaikum Wr. Wb.














DAFTAR PUSTAKA

Bompa, Tudor O.(1983).Theory and methodology of training Kendal/hunt publishing company, Dubuque. Lowa.
Suharno, HP.(1982). Ilmu Coaching Umum. FKIP IKIP Yogyakarta.
Saparinah, S, Sumarno Markam,1982, Psikologi Olahraga, buku tuntunan,Pusat Kesegaran jasmani P & K, Jakarta
Fpok.upi.edu/membenahi_sistem.htm

                    


























Tidak ada komentar:

Posting Komentar